UPTD. BALAI BENIH IKAN (BBI)

PINANG MANCUNG 

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tebing Tinggi Nomor 13 Tahun 2008 tentang Organisasi dan tata kerja DinasDinas Kota Tebing Tingi, bahwasannya telah berdiri salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kota Tebing Tinggi yaitu Dinas Pertanian Kota Tebing Tinggi. Dan sesuai Peraturan walikota Tebing Tinggi Nomor  10 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2009 tentang Unit Pelaksana Teknis Dinas Pada Dinas-Dinas Daerah Kota Tebing Tinggi.

Balai benih ikan lokal adalah unit pelaksana  teknis daerah di bawah pengelolaan dan pengawasan dinas kabupaten/kota, yang bertugas melaksanakan penerapan teknik perbenihan dan distribusi benih, perbanyakan dan distribusi induk (parent stock), penerapan teknik pelestraian sumberdaya ikan dan lingkungannya, teknik pengendalian hama dan penyakit, serta pengendalian mutu benih melalui pelaksanaan sertifikasi sistem mutu benih ikan.  

Balai Benih Ikan Pinang Mancung (BBI) merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis Daerah pada Dinas Pertanian Kota Tebing Tinggi. UPTD BBI merupakan pelaksana sebagian kegiatan teknis penunjang Dinas Pertanian, dipimpin oleh Kepala UPTD yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pertanian melalui Sekretaris.  UPTD BBI mempunyai tugas untuk untuk melaksanakan kegiatan teknis yang secara langsung berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat dan/atau melaksanakan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan tugas Dinas Pertanian.

BBI sebagai sarana untuk menghasilkan benih dan induk yang bermutu baik dan jumlah yang memadai disamping itu juga untuk membina usaha pembenihan ikan rakyat (UPR) yang tersebar hampir diseluruh indonesia. BBI dibedakan menjadi dua macam unit, yaitu BBI Lokal dengan luas 2 ha dan BBI Sentral dengan luas 5 ha. Masing-masing BBI tersebut mempunyai tugas yang berbeda sesuai dengan kriteria seperti dibawah ini

Tugas pokok BBI Lokal 1) menerapkan dan menyebarluaskan teknologi pembenihan, 2) menyediakan dan menyalurkan benih ikan yang bermutu. Sedangkan tugas fokok BBI Sentral 1) menerapkan metode lapangan dari hasil penelitian teknologi pembenihan baru yang baik untuk budidaya, 2) menyebarluaskan teknologi pembenihan ikan yang lebih menguntungkan, 3) menyediakan dan menyebarkan jenis ikan yang baik untuk budidaya dari ukuran benih sampai induk, 4) menyediakan dan menyalurkan benih ikan yang bermutu secara kontinyu. Jadi BBI mempunyai tugas pokok melaksanakan peningkatan produksi benih dalam jumlah dan mutu (Anonymous dalam Sutisna dan Sutarmanto, 1995).

Dan untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas UPTD BBI Pinang Mancung Dinas Pertanian Kota Tebing Tinggi menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pembenihan ikan;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang pembenihan ikan;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang pembenihan ikan;
  4. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Pinang Mancung  adalah sarana Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk menghassilkan benih ikan dan juga untuk membina usaha pembenihan ikan rakyat yang tersebar hampir di Kota Tebing Tinggi. Oleh sebab itu peningkatan potensi BBI Pinang Mancung mempunyai kedudukan yang starategis dalam pengembangan budidaya perikanan air tawar .

Pembangunan BBI dimaksudkan untuk lebih memantapkan :

  1. Penerapan teknologi pembenihan ikan yang lebih maju,
  2. Penekanan mortalitas terutama pada stadium kritis (tetasan larva dan pendederan muda)
  3. Sistem pendederan benih yang mampu menampung hasil pemijahan ikan pada frekuensi tinggi dan dapat menghasilkan benih ikan sesuai dengan jumlah dan ukuran yang diperlukan,
  4. Penyediaan benih ikan yang sehat dan bebas hama,

Keberadaan Balai Benih Ikan Pinang Mancung Dinas Pertanian diharapkan dapat menjalankan fungsinya sebagai penyediaan benih ikan unggul sehingga kebutuhan akan benih yang bermutu pada masyarakat Kota Tebing Tinggi dapat dipenuhi. Dengan demikian usaha budidaya perikanan diharapkan dapat berkembang pesat dan peningkatan kesejahteraan pembudidaya ikan adalah suatu target yang ingin dicapai kedepanya di Kota Tebing Tinggi.

Profil Balai Benih Ikan Pinang Mancung disusun dengan maksud agar dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan dalam rangka pengembangan BBI pada masa yang akan datang. Dengan adanya profil BBI ini diharapkan informasi mengenai keadaan BBI Pinang Mancung dapat menjadi informasi yang akan digunakan untuk lebih meningkatkan kinerja BBI.  Dan adapun tujuan penyusunan profil BBI Pinang Mancung ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan pembinaan dan kinerja BBI Pinang Mancung dalam rangka mendukung pelaksanaan fungsi UPTD;
  2. Untuk meningkatkan kelengkapan fasilitas fisik dan SDM BBI Pinang Mancung sehingga dapat mendukung tugas dan fungsinya sebagai UPTD;
  3. Membantu Dinas Pertanian Kota Tebing Tinggi dalam pendataan perikanan melalui UPTD untuk mendapatkan data dan informasi secara kontinyu, akurat dan tepat waktu.

 Lokasi

  

Balai Benih Ikan Kota Tebing Tinggi terletak di Jalan Merpati, Kampung Baru Kelurahan Pinang Mancung Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi, suhu udara pada kisaran 26 – 32oC,   Ph air berkisar 7 - 8. Luas areal BBI Kota tebing Tinggi 20.973 M2 ,Sumber air berasal dari  saluran irigasi (Sungai Sibarau).

 

 

 Suplay Air

Sumber air BBI Pinang Mancung adalah dari Saluran Primer Irigasi Sungai Sibarau yang mengalir sepanjang tahun dengan kualitas air irigasi cukup memadai untuk sebuah Balai Benih Ikan. Sedangkan air yang masuk keareal BBI melalui 2 buah saluaran dengan debit air adalah 10 liter/detik. Jarak dari Bendungan Sumber Air adalah 1 km dan jarak dari saluran irigasi primer adalah 30 meter.                                 

 

 

 Sarana dan Prasarana

Dalam rangka menunjang operasional balai benih ikan sangat diperlukan adanya sarana dan prasaran pendukung. Sebagaimana Petunjuk Teknis yang dikeluarkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, BBI Lokal harus dilengkapi oleh sarana dan prasarana pendukung untuk melaksanakan fungsinya. Namun demikian kelengkapan sarana dan prasarana tersebut sangat tergantung dari dana dan komitmen pemerintah daerah, adapun sarana dan prasarana BBI Pinang Mancung Kota Tebing Tinggi yang telah ada adalah sebagai berikut :

  Tabel 1  .  Keadaan Sarana dan Prasarana di UPTD Balai Benih Ikan Pinang Mancung.

No. Jenis Sarana dan Prasarana Jumlah Keterangan
1. Rumah Dinas 3 unit Baik
2. Kantor 1 unit Baik
3. Gudang Peralatan 1 unit Baik
4. Bangsal Pemijahan 1 unit Baik
5. Gedung Hacthery 1 unit Baik
6. Gedung Pembuat Pakan 1 unit Baik
7. Gudang Pakan 1 unit Baik
8. Rumah Generator 1 unit Baik
9. Lab Basah 1 unit Baik
10. Lab Kering 1 unit Baik
11. Gedung Aula 1 unit Baik
12. Pos Penyuluh 1 unit Baik
13. Kenderaan Roda Dua 3 unit Baik
14. Kenderaan Roda Empat 1 unit Baik

Sumber Daya Manusia

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, UPTD BBI Pinang Mancung didukung oleh SDM yang terdiri dari tenaga yang menangani teknis, administrasi dan tenaga pendukung yang seluruhnya berjumlah 4 orang. Adapun kualifikasi tenaga-tenaga tersebut adalah sebagai berikut :

 Tabel 2. Kualifikasi Sumberdaya Manusia Pengelola BBI Kota Tebing Tinggi.

No.
Nama, Nip dan Golongan
Jabatan
Pendidikan
Pelatihan Keahlian yg Pernah Diikuti
1.
Sadat Batubara, S.Pi
19750101 201001 1 020
Gol. III c
Kepala UPTD. BBI
S-1 Perikanan
-          Cara Pembenihan Ikan Yang Baik (lulus)-          Cara Budidaya Ikan Yang Baik (lulus)
2. Pelajaran Ginting KTUUPTD. BBI SPMA  
3. Sariaman Purba STAF SMA  
4. Hendri Saputra THL Kebersihan SMK Budidaya Ikan di BBI     Kerasaan
5. Ridho Ihsan Purba THL Kebersihan SLTA Budidaya Ikan di BBI     Kerasaan
6. Erwansyah Damanik THL Jaga Malam SLTA Budidaya Ikan di BBI     Kerasaan

 Kolam

Jumlah kolam yang ada di  BBI Pinang Mancung berdasarkan fungsinya/penggunaannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu : kolam calon induk/induk ikan, kolam pemijahan dan kolam pendederan. Jumlah kolam pada Balai Benih Ikan Pinang Mancung dapat dilihat pada tabel 3.

 

 

 

 

 

Gambar 4. Kolam pendederan ikan mas

 Tabel 3  .  Jumlah kolam pada Balai Benih Ikan Pinang Mancung

No. Jenis Kolam Jumlah Keterangan
1. Kolam Induk Lele jantan 1 petak  
2. Kolam Induk Lele betina 1 petak  
3. Kolam Pemijahan Ikan Nila 60 petak  
4. Kolam Calon Induk Ikan Nila Jantan 1 petak  
5. Kolam Calon Induk Ikan Nila Betina 1 petak  
6. Kolam Pendederan Ikan Nila 9 petak  
7. Kolam Pendederan  Lele 5 petak  
8. Kolam Calon Induk Lele 8 petak  
9. Kolam Calon Induk Gurami Jantan 5 petak  
10. Kolam Calon Induk Gurami Betina 5 petak  
11. Kolam Pemijahan Ikan Gurami 20 petak  
11. Kolam Pengendapan Air (bak beton) 6 petak  
12. Kolam Induk Ikan Mas 3 petak  
13. Kolam Induk Ikan Patin 8 petak  
14. Kolam Pakan alami 1 petak  

                            Gambar 5. Gedung hatchery indoor

 Induk

Adapun  induk unggul yang dimiliki oleh BBI Pinang Mancung adalah induk ikan Nila , Lele, Gurami, Patin dan Mas.

Tabel 4  :  Jenis Induk Unggul yang ada di UPTD Balai Benih Ikan Pinang Mancung

No. Jenis Ikan Jumlah (ekor) Keterangan
    Calon Induk Induk Tdk. Produktif  
1. Nila Sultana/Nirwana 500 1.480 50 Asal BBI Kerasaan
2. Nila Gesit - 200 50 Asal BBPBAT Sukabumi
3. Lele Sangkuriang 20 150 150 Asal BBI Kerasaan
4. Patin 150 300 - Asal BBPBAT Sukabumi
5. Mas 20 200 - Asal BBI Kerasaan
6. Gurami 10 90 5 Asal BBPBAT Sukabumi
7. Ikan Gabus   10    
8. Ikan Tawes   50    

  Pemijahan

 

Sampai sekarang pemijahan yang behasil dilaksanakan oleh BBI Pinang Mancung adalah pemijahan nila,lele,mas, gurami dan patin.  Pemijahan ikan nila, gurami, tawes, gabus dan mas dilakukan secara alami.  Pemijahan ikan lele dilakukan secara alami dan buatan dan Pemijahan ikan patin dilakukan secara buatan.

 

                                                                                                     

Gambar 6. Pemeriksaan matang gonad induk ikan mas

KEGIATAN DAN RENCANA PENGEMBANGAN BALAI BENIH IKAN Kegiatan Pada Balai Benih Ikan Pinang Mancung

Kegiatan operasional Balai Benih Ikan Kota Tebing Tinggi merupakan penjabaran dari tugas dan fungsi Balai Benih Ikan, yang meliputi:

Pembenihan

      Sampai sekarang pembenihan yang dikembangkan adalah :

  • Pembenihan ikan lele
  • Pembenihan ikan mas
  • Pembenihan ikan nila (Nirwana, Sultana dan Gesit)
  • Pembenihan ikan gurami
  • Pembenihan ikan patin

Pembagian benih ikan

Pembagian/pendistribusian benih ikan dilakukan dengan gratis untuk pembudidaya ikan yang merupakan warga  Kota Tebing Tinggi

Pelayanan jasa

Secara umum pelayanan jasa yang diberikan oleh  BBI Kota Tebing Tinggi berupa :

  • Penyediaan benih ikan bermutu pada masyarakat /petani ikan Kota Tebing Tinggi dengan gratis
  • Jasa konsultasi  dan bimbingan alih teknologi untuk membantu para petani dan  masyarakat, yang difokuskan pada perbaikan teknologi pembenihan maupun pembesaran ikan
  • Bimbingan praktek lapang, pelatihan bagi pembudidaya ikan/siswa/mahasiswa. 

 

Gambar 7. Bimbingan budidaya ikan kepada siswa

 Tabel 5. Daftar siswa dan mahasiswa yang melakukan Praktek Kerja Lapang di UPTD. BBI Pinang Mancung Dinas Pertanian Kota Tebing Tinggi

No Asal Sekolah/Perguruan Tinggi Jumlah (Org) Tahun Keterangan
1 SUPM Ladong Aceh 1 2011  
2 SMK Negeri Tanjung Balai 5 2012  
3 SMK Negeri Tanjung Balai 5 2013  
4 SMK Negeri Karang Baru 6 2015  
5 IPB-Bogor PSDD Aceh Tamiang 4 2015  
6 SMK Negeri Teluk Mengkudu 8 2016  
7 SMK Negeri 1 Bendahara 8 2016  
8 IPB-Bogor PSDD Aceh Tamiang 5 2016  
9 SMK Negeri Karang Baru Aceh 10 2016  

 3.2.      Pengembangan Sarana dan Prasarana

Untuk meningkatkan kinerja BBI Pinang Mancung dimasa yang akan datang, kelengkapan sarana dan prasarana BBI yang perlu dilengkapi adalah sebagai berikut :

Tabel 6 .      Rencana Pengembangan Sarana dan Prasarana serta tujuannya di UPTD Balai   Benih Ikan Pinang Mancung

No.  Sarana dan Prasarana Tujuan
1. Perbaikan drainase (saluran air masuk dan keluar) BBI Menjaga kualitas/kuantitas air masuk ke BBI
2. Bangsal Pemijahan Ikan Gurami Untuk memudahkan  pemijahan ikan gurami
3. Penyediaan Induk/Calon Induk unggul Untuk mengganti induk-induk yang kadaluarsa
4. Penyediaan Pakan Ikan Untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan
5. Pembangunan Rumah Tamu Untuk tempat tinggal tamu dan siswa/mahasiswa yang melaksanakan Praktek Kerja Lapang
6. Sarana dan Prasarana Lainya Untuk melengkapi dan mengganti sarana dan prasarana lainnya dianggap perlu.

 3.3.      Pengembangan Sumber Daya Manusia

            Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai baik kualitas maupun kuantitas merupakan  faktor penting untuk memajukan Balai Benih Ikan. SDM pada Balai Benih Ikan Pinang Mancung saat ini  masih kurang, baik kualitas maupun kuantitas. Untuk itu perlu adanya penambahan SDM pada Balai Benih Ikan Pinang Mancung. Adapun SDM yang dibutuhkan untuk mengelola BBI Pinang Mancung  dapat dilihat pada table di bawah ini.

 Tabel 4.           Kebutuhan Sumberdaya Manusia untuk mengelola BBI Pinang Mancung

No. Jabatan Pendidikan Jumlah (Orang)
1. Kepala S-1 Perikanan 1
2. Tata Usaha S-1 /D3 1
3. Staf Administrasi D3/SLTA 1
4. Teknisi (Budidaya) D3/SMK  (Perikanan Budidaya) 5
5. Staf  (Operasional) SLTA/SMK (Perikanan Budidaya) 5
6. Staf  (Kebersihan) SLTA 1
7. Staf  (Keamanan) SLTA 1
Jumlah 15

 

PROSEDUR TETAP CARA MENDAPATKAN BENIH IKAN DARI BBI PINANG MANCUNG

  1. Melalui surat permohonan:
  • Pembudidaya/Kelompok Pembudidaya Ikan mengajukan surat permohonan kepada Kepala Dinas Pertanian Kota Tebing Tinggi melalui Kantor Lurah tempat pembudidaya berdomisili.
  • Kepala Dinas Pertanian mendisposisi surat permohonan pembudidaya ikan kepada Bidang Perikanan/UPTD. BBI Pinang Mancung.
  • Petugas bidang perikanan/BBI melakukan klarifikasi/ survey ke lapangan
  • Petugas BBI memberikan/menyalurkan bantuan benih ikan kepada pembudidaya ikan yang dilengkapi dengan Berita Acara Serah Terima Benih Ikan dan dokumentasi.

B. Melalui Kegiatan Jumat Keliling Walikota

  • Walikota Tebing Tinggi menawarkan 2 kupon bantuan benih ikan kepada warga yang memiliki kolam.
  • Warga yang telah mendapatkan kupon menyerahkannya kepada petugas Bidang Perikanan/BBI
  • Petugas bidang perikanan/BBI melakukan klarifikasi/survey ke lapangan
  • Petugas BBI memberikan/menyalurkan bantuan benih ikan kepada pembudidaya ikan yang dilengkapi dengan Berita Acara Serah Terima Benih Ikan dan dokumentasi.

 

 

KOMODITAS & PENYEDIA

Informasi tentang Komoditas & Penyedia Hasil Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Pangan Kota Tebing Tinggi

Kunjungi »


PANGAN POKOK STRATEGIS

Informasi tentang Harga Pangan Pokok Strategis di Kota Tebing Tinggi

Cek »


KETERSEDIAAN PANGAN

Informasi tentang Kebutuhan dan Ketersediaan Pangan Pokok di Kota Tebing Tinggi

Cek »

KONSULTASI

Konsultasikan Permasalahan anda mengenai Pertanian, Peternakan , Perikanan dan Pangan kepada kami

Konsultasi »


TANYA

Tanyakan Permasalahan anda mengenai Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Pangan

Tanya »


PENGADUAN

Laporkan informasi yang penting untuk kami Tindak Lanjuti

Lapor »